Google
Artikel: Jenis Komentar Spam | Cara Memperbaiki Broken link

Ad 468 X 60

Selasa, 25 Desember 2012

Widgets

Keajaiban Penciptaan Manusia

Keajaiban tentang penciptaan manusia

keajaiban penciptaan manusia
Artikel ini menjelaskan secara bertahap bagaimana manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.Dimana sebelum kelahiran para orang tua sudah menyiapkan nama nama bayi.Di sini dapat kita lihat seperti apa wujud awalnya manusia kemudian menjadi sel tunggal dalam rahim ibu lalu menjadi janin dalam kandungan.Merupakan wujud lemah yang memerlukan perlindungan yang pada awal ukurannya lebih kecil dari sebutir garam dan anda juga pada awalnya terdiri dari satu sel ini.Lalu sel ini membelah dan menjadi 2 sel keduanya membelah lagi dan menjadi 4 kemudian 8,16 dan seterusnya.
Sel-sel ini terus membelah hingga terbentuk segumpal daging, lalu gumpalan ini menjadi bentuk tertentu, ia membentuk lengan,kaki,mata. Pada akhirnya tumbuh 100 milyar kali lebih besar dari sel awal dan 6 milyar kali lebih berat.

Gambar di bawah ini adalah Ilustrasi Proses terjadinya manusia sejak dari Satu Sel hingga menjadi seorang bayi manusia :
keajaiban penciptaan manusia

Tujuan dari penulis untuk berbagi tentang asal-usul penciptaaan manusia adalah untuk mengingatkan kembali dari apa kita diciptakan dan bagaimana proses penciptaaan itu sendiri serta untuk lebih mengenal dan memahami dengan lebih nyata tentang arti Kebesaran Sang Pencipta.
Karena selama ini kebanyakan dari kita cukup beriman dan yakin atas Kebesaran Tuhan serta Keagungan-Nya dalam menciptakan manusia.Jarang dari kita yang berusaha lebih jauh lagi untuk mengetahui bagaimana proses ini bisa terjadi bila ditinjau dari segi pengetahuan modern yang mengacu pada keterangan dalam Alquran.

Mudah-mudahan dengan mengetahui proses terjadinya manusia  ditinjau dari segi ilmu pengetahuan yang modern ini yang didapatkan oleh para ahli dengan melakukan penelitian hampir lebih dari 40 tahun dengan merujuk dari Alquran dapat menambah keimanan akan kebesaran Sang Pencipta.
Dengan mengetahui diri kita, dari mana kita berasal, bagaimana kita diciptakan diharapkan dapat lebih mengenal Tuhan dengan yakin.

Dalil alquran  yang menjelaskan tentang proses penciptaan manusia

Dalil alquran yang menjelaskan tentang proses penciptaan manusia di atas adalah surat Al-Qiyamah 75: ayat 36-40 : yang artinya sebagai berikut :

36. Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)?
37. Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim)
38. kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya
39. lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan.
40. Bukankah (Allah yang berbuat) demikian berkuasa (pula) menghidupkan orang mati?

Keajaiban tentang penciptaan manusia sejak dari Satu Sel hingga menjadi Embrio ini ada  5 tahapan awal

  • Pematangan Sel Telur
  • Desain Sperma
  • Perlombaan Seru Diantara Para Sperma
  • Penyatuan Yang Menakjubkan (Sperma dengan Sel Telur)
  • Embrio

1. PEMATANGAN SEL TELUR :


Keajaiban penciptaan pertama diawali dengan pematangan sel telur pada indung telur dalam tubuh wanita.Pertama ia akan memasuki bagian bernama saluran telur (Tuba Fallopi) dan menempuh perjalanan panjang yang pertamanya menuju  rahim ibu , sesaat sebelum  telur matang lepas dari indung telur , saluran telur telah siap menangkapnya.Dengan gerakan halus ia mencoba menemukan sel telur dibagian paling atas indung telur, setelah mendapatkannya saluran telur menarik sel telur kearahnya, akhirnya perjalan  telurpun telah dimulai.

Perjalanan Telur :
Telur diharuskan menempuh perjalanan panjang kesaluran telur padahal telur tidak mempunyai alat tubuh seperti kaki atau sirip untuk menempuh perjalanan ini, syukurlah Tuhan telah menyiapkan perangkat khusus untuk  mengantarkannya ke rahim, yaitu berupa rambut-rambut tipis dipermukaan rahim yang disebut silia.
Terdapat milyaran sel pada permukaan bagian dalam saluran telur yang telah ditugaskan mengantar telur menuju rahim.Sel-sel ini selalu melambaikan rambut-rambut tipis dipermukaaanya yang disebut silia yang menggiring sel telur kearah yang tepat yaitu menuju rahim.
Proses ini layaknya seperti memindahkan barang berharga dari satu tangan ketangan berikutnya secara berantai.Mereka bersama-sama melakukan tugas pengangkutan dan sama-sama melakukan gerakan kearah yang sama yaitu menuju rahim.
Namun sel telur ini hanya hidup selama 24 jam jika tidak dibuahi dalam waktu ini maka ia akan mati,ia butuh sesuatu yang akan membuahi yaitu sperma yang akan datang dari tubuh ayah.
Gambar di bawah ini adalah ilustrasi Proses Perjalanan  Sel Telur menuju rahim :
keajaiban penciptaan manusia

2. DESAIN SPERMA


 
Sperma adalah sel yang bertugas mengantarkan muatan data genetis pria ke sel telur dalam tubuh wanita. Bila diamati lebih dekat sperma terlihat seperti mesin yang khusus dirancang untuk mengangkut muatan ini.
Bagian depan sperma tertutup oleh pelindung, terdapat lapisan pelindung lain dibawah lapisan pelindung pertama, dan dibawah lapisan kedua ini terdapat muatan yang dibawa sperma.Muatan ini berisi 23 kromosom yang berasal dari tubuh pria, segala informasi tentang tubuh manusia bahkan hingga bagian terkecilnya tersimpan dalam kromosom.

Agar bayi terbentuk maka 23 kromosom dalam sperma harus bersatu dengan 23 kromosom dalam telur ibu. Dengan cara ini bahan dasar manusia yaitu 46 kromosom akan terbentuk.
Sistem pelindung pada kepala sperma akan melindungi muatan berharga ini dari segala bahaya selama perjalanan, tapi desain sperma tidak terbatas sampai disini, terdapat mesin bertenaga sangat kuat di bagian tengah sperma, bagian belakang mesin terhubungkan dengan bagian ekor sperma, daya yang dihasilkan mesin memutar ekor bagaikan baling-baling dan memungkinkan sperma meluncur dengan cepat. 

Mesin dibagian tengah sperma tentunya memerlukan bahan bakar agar dapat bekerja , keperluan ini telah diperhitungkan dan bahan bakar terbaik mesin yakni gula fluktosa telah tersedia dalam cairan yang melingkupi sperma.

Gambar dibawah ini adalah  Ilustrasi dari bentuk sperma yang terdiri dari lapisan-lapisan pelindung sperma :
keajaiban penciptaan manusia

Desain sempurna ini memungkinkan sperma bergerak cepat dan langsung mengarah ke sel telur.Jika panjang sperma dan jarak yang ditempuhnya dicermati sperma tampak seperti mesin berkecepatan tinggi. Pembuatan mesin-mesin ajaib ini dilakukan dengan sangat ahli.
Dalam setiap buah pelir yakni pusat pembuatan sperma terdapat pipa-pipa halus dengan panjang keseluruhan mencapai 500 meter. Pembuatan sperma dalam pipa-pipa mungil ini layaknya sistem perakitan menggunakan ban berjalan  pada pabrik modern, bagian pelindung kepala, mesin dan ekor dipasang satu-persatu secara berurutan, Perakitan ini menghasilkan keajaiban teknik yang luar biasa.

Gambar dibawah ini adalah ilustrasi Kecepatan sperma dalam menuju sel telur dan tahapan pembuatan sperma : 
keajaiban penciptaan manusia

Sampai disini marilah kita berfikir sejenak, bagaimana sel yang tidak mampu berfikir dapat mengetahui cara merakit sperma dalam bentuk yang tepat ? Padahal mereka tidak mengetahui seluk beluk tubuh wanita ? Bagaimana mereka belajar membuat pelindung, mesin dan ekor yang akan diperlukan sperma dalam tubuh ibu, dengan kecerdasan apa mereka merakit bagian-bagiannya dalam urutan yang benar, bagaimana mereka tahu bahwa sperma akan memerlukan fluktosa, bagaimana mereka belajar membuat mesin yang membutuhkan bahan bakar fluktosa ?

Hanya ada satu jawaban atas semua pertanyaan tersebut yaitu Sperma dan cairan mani yang melingkupinya telah diciptakan Allah secara khusus demi kelestarian umat manusia.

Prof Dr.Cevat Babuna,Mantan Dekan Fakultas Kedokteran Ginekologi dan kebidanan Universitas Istambul.Menjelaskan sebagai berikut :[1]
Sel sperma dibuat dalam tubuh ayah padahal ia berfungsi dalam tubuh ibu, dan sejak dunia bermula yakni dalam sejarah manusia tidak ada sperma yang pernah kembali ke tubuh ayah setelah melakukan tugasnya dalam tubuh ibu dan kemudian berkata kepada sel-sel pembuatnya tentang yang ia kerjakan dan kesulitan yang ia hadapi dan tugas yang ia lakukan.

Jika demikian  bagaimana sel sperma dapat memiliki struktur yang sangat berbeda dengan semua ribuan jenis sel lain dalam tubuh. Bagaimana sel sperma tahu ia akan mengangkut muatan genetis yang ia ambil dari tubuh ayah ke tubuh lain yang kemudian akan menjadikannya hidup, sehingga kepala yakni bagian depannya harus memiliki pelindung.

Bagaimana sel sperma tahu bahwa ia akan menembus membran sel sehingga ia juga membawa sejumlah senjata kimia yang terpasang dibalik pelindung. jadi anda paham bahwa mustahil semua struktur sel, tugas yang ia lakukan, berbagai peristiwa yang ia alami adalah suatu kebetulan.

Sperma melakukannya secara kebetulan atau bahkan ia secara sadar mengerjakan semuanya berulang-ulang ? inilah bukti paling jelas bagaimana Allah Sang Pencipta telah memberinya tugas ini dan bagaimana sperma melakukannya dengan cara paling sempurna.

Perancangan mengagumkan pada desain sperma adalah keajaiban penciptaan tersendiri. Dalam Alquran Allah secara khusus mengarahkan kita pada penciptaan air mani yang  mengandung sperma.

Dalil Alquran yang menerangkan tentang proses ini adalah Surat Al Waqiah 56: ayat 57-59,
yang artinya sebagai berikut :

57. Kami telah menciptakan kamu, maka mengapa kamu tidak membenarkan?
58. Maka terangkanlah kepadaku tentang nutfah (mani) yang kamu pancarkan.
59. Kamukah yang menciptakannya, atau Kamikah yang menciptakannya?

3. PERLOMBAAN SERU DIANTARA PARA SPERMA :

Sekitar 250 juta sperma pada satu waktu dipancarkan kerahim ibu , angka yang sengaja dibuat tinggi sebab segera setelah memasuki tubuh ibu sperma menghadapi bahaya mematikan. Terdapat campuran pekat asam dalam alat reproduksi ibu yang mencegah pertumbuhan bakteri.Campuran asam ini juga mematikan bagi sperma , dalam beberapa menit saja dinding rahim diliputi oleh jutaan sperma yang mati. Beberapa jam kemudian sebagian besar dari 250 juta sperma akan mati. 

Zat asam yang sangat penting bagi kesehatan ibu ini sangatlah ampuh sehingga mampu membunuh semua sperma yang memasuki rahim. Jika ini terjadi pembuahan tidak dapat berlangsung dan ras manusia akan punah.

Tetapi Allah Pencipta sperma juga menciptakan pencegahan melawan bahaya yang akan ditemui sperma dalam rahim ibu. Ketika sperma sedang diproduksi dalam tubuh ayah, senyawa basa ditambahkan pada cairan yang berisi sperma. Senyawa ini mengurangi pengaruh zat asam dalam rahim ibu , karenanya sejumlah sperma lolos memasuki rahim ibu dan berhasil mencapai pintu masuk kesaluran telur.
Perhatikanlah semua sperma pergi bersama kearah yang sama, tapi bagaimana mereka menemukan arah yang benar ini? bagaimana mereka mengetahui letak sel telur ? yang tidak lebih besar dari setitik debu ?
Sperma mampu mengarah ke telur akibat berperannya perangkat lainnya yang  tercipta sempurna.Telur melepaskan sinyal kimia untuk menarik sperma yang berada sekitar 15 cm didepan kearahnya. Setelah menangkap sinyal sperma langsung mengarah ke telur. Singkatnya, sel telur yang tak tahu menahu tentang sperma dan belum pernah mengenalnya memanggil sperma untuk menghampirinya. Dua sel yang saling tidak kenal itu mampu untuk berkomunikasi dan ini membuktikan lagi bahwa telur dan sperma diciptakan dalam bentuk yang paling sesuai satu sama lain.
Gambar dibawah ini adalah ilustrasi jutaan sperma yang memasuki rahim dan sperma yang mati dan akhirnya hanya satu sperma yang berhasil :
keajaiban penciptaan manusia

4. PENYATUAN YANG MENAKJUBKAN :


Akhirnya sekitar 100 sperma berhasil mencapai telur, namun perlombaan belumlah usai sebab hanya 1 (satu) sperma yang diijinkan memasuki telur. Jadi satu perlombaan lain kini dimulai.Terdapat rintangan terbesar yang menghadang sperma, ini adalah lapisan pelindung keras dan sukar ditembus yang melingkupi telur yang membunuh berbagai mikroba-mikroba merugikan yang berusaha mendekatinya.

Untuk menerobosnya perangkat khusus telah diciptakan pada sperma. Di bawah lapisan pelindung kepala sperma terdapat senjata rahasia yang hingga kini masih tersembunyi yakni berupa kantung-kantung enzim pelarut. Kantung-kantung kecil ini melubangi penghalang pertama yakni lapisan pelindung yang mengelilingi telur dengan melarutkannya dan sperma pun menembus lapisan ini.Saat menerobos lapisan ini pelindung pada ujung kepala sperma pun akhirnya rusak dan hancur. 
Hancurnya pelindung ini  termasuk bagian perencanaan yang berfungsi sempurna sebab melalui peristiwa ini kantung enzim kedua dalam sperma kini tersingkap dan ini memungkinkan sperma melewati penghalangnya yang terakhir yakni kulit telur.
Segera setelah sperma mencapai kulit telur keajaiban lain terjadi, sperma tiba -tiba melepas ekornya yang selama ini telah membawanya. Ini penting sebab jika tidak dilepas maka ekor yang senantiasa bergerak akan memasuki sel telur dan  merusaknya.
Pelepasan ekor oleh sperma menyerupai cara roket ruang angkasa melepas tangki bahan bakar dan mesin yang tak diperlukan lagi saat meninggalkan atmosfir bumi.Tapi bagaimana sperma mungil dapat melakukan suatu perhitungan rumit ini. Agar mampu melakukan perhitungan ini sperma harus mengetahui batas akhir perjalanannya dan karenanya tidak lagi memerlukan ekor, namun sperma adalah mesin hidup tanpa akal yang tak mampu merasakan sekelilingnya.
Allah Dialah Pencipta sperma beserta perangkat yang memungkinkan ekor lepas pada saat yang tepat. Sperma melepaskan ekor, menembus telur dan meletakan muatan kromosom melalui lubang yang dibukanya.
Proses pengangkutan data genetis dengan cara ini telah berakhir, dengan berfungsinya ratusan perangkat berbeda dan mandiri secara harmonis, data genetis tentang tubuh Ayah berhasil mencapai sel telur.

Demikianlah penyatuan sperma dan telurpun hanya terjadi berkat adanya perencanaan dan desain yang sempurna dan bukan kebetulan semata. Meski tidak disadari kecerdasan dan perancangan yang tampak disetiap bagian peristiwa ini adalah bukti nyata bahwa manusia diciptakan oleh Allah.

Gambar dibawah ini adalah ilustrasi proses sperma menembus kulit telur dengan peralatan yang telah disiapkan sebelumnya yang bekerja secara bertahap sampai pada tahap akhir yaitu melepaskan ekor sperma agar tidak merusak sel telur.
keajaiban penciptaan manusia

keajaiban penciptaan manusia

keajaiban penciptaan manusia

5. EMBRIO

Sel telur yang belum dibuahi sperma, data genetis sperma dan telur terletak bersebelahan. Namun salah satu keajaiban terbesar didunia akan terjadi. Dua kumpulan informasi genetis akan saling bergabung membentuk wujud manusia baru , dan penggabungan ini telah terjadi.
Sel pertama ini dinamakan zygot, mungkin sulit dipercaya sel ini berisi semua informasi tentang manusia yang belum lahir , mata , corak dan warna rambut bentuk wajah serta semua ciri tubuh lain dari bayi yang belum lahir disimpan disini.
Dan bukan hanya penampakan luar, rangka, organ dalam, kulit, pembuluh darah bahkan bentuk dan jumlah sel darah yang melalui pembuluh ini serta seluruh bagian terkecil tubuhnya juga ditentukan disini.
Gambar dibawah ini adalah ilustrasi Pertemuan antara sel telur dan sperma yang akhirnya menjadi bentuk baru dan merubah diri menjadi embrio dan plasenta.
keajaiban penciptaan manusia

Segalanya ditentukan dan simpan dalam sel ini, dari ciri-ciri pada usia 7 tahun hingga 70 tahun. Segera setelah pebuahan sel akan melakukan hal lain yang sangat mengagumkan, ia membelah diri membentuk 2 sel baru lalu sel-sel ini membelah lagi dan menjadi 4 sel, pembentukan seorang manusia baru telah mulai, tapi mengapa sel memutuskan untuk membelah ? mengapa ia bertugas membentuk manusia baru ? Siapakah yang memberi pengetahuan sel untuk membentuk manusia  baru ? 
Pertanyaan ini membawa kita kepada Allah pemilik ilmu dan kekuasaan tanpa batas.yang mencipta kita, dunia dan manusia yang menghuninya, sel-sel dalam tubuh manusia bahkan keseluruhan alam ini

Gambar di bawah ini adalah ilustrasi perjalanan zygot menuju rahim dan akhirnya menempel pada dinding rahim serta menjadi embrio yang merupakan cikal bakal bayi dan selanjutnya disebut dalam Alquran sebagai Alaq ( sesuatu yang menempel)
keajaiban penciptaan manusia

Kini anda sedang menyaksikan perjalanan sel-sel yang sedang membelah dan memperbanyak diri dalam saluran telur. Kumpulan sel ini dikenal dengan nama zygot. Saat sel-sel dalam zygot membelah dan memperbanyak diri, hal yang aneh terjadi. Sejumlah sel mulai tumbuh berbeda dari yang lain. Sel-sel tua berkumpul dibagian tengah dan dikelilingi oleh sel-sel yang tumbuh menjadi sel jenis lain.
Tak lama kemudian bagian sel yang ditengah membentuk embrio yakni sel-sel pertama bayi yang akan lahir. Dan kumpulan sel yang mengelilinginya membentuk plasenta yang akan memberi makan embrio.
Sel-sel yang tumbuh berbeda satu sama lain dan ketetapannya untuk membentuk embrio atau plasenta diakui dunia ilmu pengetahuan sebagai keajaiban besar. Ada perintah rahasia yang mendorong sel melakukan hal ini.
Sekitar 4 hari setelah pembuahan zygot sampai ditempat yang khusus diciptakan untuknya yakni rahim ibu. Agar tidak dikeluarkan dari tubuh ibu, zygot harus menempel pada rahim tapi zygot hanyalah gumpalan sel-sel yang mirip dan tidak memiliki  pengait atau tangkai khusus untuk melekat dimanapun.
Lalu bagaimana ia melekat pada dinding rahim ? ini juga telah diperhitungkan sebelumnya, ketika zygot mencapai dinding rahim ibu sebuah perangkat khususpun bekerja. Sel-sel bagian paling luar zygot mengeluarkan enzim khusus yang melarutkan dinding rahim. Dengan cara ini zygot menempel kuat pada rahim dan tidak dikeluarkan dari dalam tubuh. 
Keberadaan sel-sel dipermukaan zygot pada tempat dan fungsi yang tepat ini lagi-lagi menunjukkan kesempurnaan penciptaan.
Berkat penciptaan tanpa cacat ini zygot dapat tertanam dalam dinding rahim. Mahluk hidup yang menempel pada rahim dan mulai tumbuh ini kini dikenal sebagai embrio.

Kenyataan yang diungkap dalam ilmu pengetahuan modern ini menampakkan satu keajaiban penting Alquran. Dalam alquran Allah memakai istilah 'Alaq untuk merujuk tahapan pertama dalam rahim ibu.
Dalil Alquran yang menerangkan tentang proses ini adalah Surat A 'Alaq 96 : Ayat 1-3
yang artinya sebagai berikut :
1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.
'Alaq dalam bahasa arab berarti sesuatu yang menempel pada suatu tempat , kata ini bahkan digunakan untuk menggambarkan parasit tertentu yang menempel pada kulit dan menghisap darah. Dengan kata lain dalam Alquran yang diturunkan  saat pengetahuan manusia tentang biologi masih terbatas kata yang tepat melukiskan zygot dalam rahim ibu telah digunakan.
Demikianlah tahapan awal proses penciptaan manusia dari mulai satu sel hingga menjadi embrio yang merupakan cikal bakal seorang manusia. Selanjutnya akan ada proses dimana embrio ini akan dibentuk menjadi seorang manusia yang lengkap dengan organ tubuh lainnya, seperti otak, pembuluh darah, jantung, mata, telinga, jari-jari baik kaki maupun tangan dan sebagainya.

Mudah-mudahan artikel kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca yang ingin mengetahui lebih rinci tentang proses penciptaan manusia,perkembangan janin, keadaan janin dalam kandungan . Kita sadari bahwa Alquran hanya menggambarkan secara singkat yang merupakan pokok-pokoknya saja. Hal ini sering dikatakan oleh Tuhan Yang Maha Esa bahwa manusia selalu dianjurkan untuk berfikir tentang kejadian di alam dunia ini.
Inilah salah satu dari hasil berfikir manusia yaitu para ilmuwan yang telah melakukan penelitian dalam jangka waktu yang panjang sekitar 40 tahun. Pada akhirnya dapat menemukan rahasia penciptaan manusia secara modern dan merujuk pada ayat-ayat Alquran.

Tahapan proses penciptaan manusia selanjutnya adalah Pembentukan Bayi Dalam Rahim Ibu,perkembangan janin, keadaan janin dalam kandungan dapat dilihat dalam Artikel dibawah ini :
Semoga bermanfaat


[1] Sumber : Video Keajaiban Penciptaan Manusia , Harun Yahya Series, PT Nada Cipta Raya, tahun 2003

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Digg
  • Technorati
Author: Abdul Basit
Saya Abdul Basit ingin berbagi pengetahuan yang bermanfaatRead More →

48 komentar:

  1. Balasan
    1. Semakin mengetahui akan Kebesaran-Nya maka akan semakin menyadarkan kita.Thanks kunjungannya kawan.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih Arluva,semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Kekuasaan ALLAH SWT memang tak terbatas hanya lewat AIR MANI kita bisa tercipta,semoga saja kita semua termasuk orang2 yang selalu bersyukur atas nikmat yang telah ALLAH SWT berikan,dan tergolong dalam orang2 yang mencintai RASULLULAH SAW serta termasuk orang2 yang sangat mencintai IBU dan BAPAK...AMIEN...salut buat artikel bang Doel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin atas doa Bang Icah,Mudah-mudahan semakin mengenal akan Kebesaran-Nya yah Bang.

      Hapus
  4. indahnya ciptaan Allah..sempurna
    terima kasih dapat juga KY ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali KY, Allah Maha Menciptakan dari satu sel hingga menjadi seperti kita ini.

      Hapus
  5. wah sungguh besar kekuasaan Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob, dengan semakin mengetahui proses penciptaan ini membuat kita sadar akan Kebesarn-Nya

      Hapus
  6. artikelnya bermanfaat sob :)
    follow back sukses :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Arie atas kunjungannya.Semoga Terjalin persahabatan.

      Hapus
  7. subhanalloh.maha suci alloh dengan segala penciptaannya.terima kasih untuk berbagi ilmunya.semogo ilmnya tambah berkah adn banyak bermanfaat.amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin,terima kasih atas doanya sob.Sukses untuk anda.

      Hapus
  8. Subhanallah, sangat bermanfaat sekali kang artikelnya, jadi tau urutan serta kejadian terbentuknya manusia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kang Eka,sekarang tau kan kalo akang itu jadi juara diantara 250 juta sperma saingan ? Terima kasih kunjungannya.

      Hapus
  9. Luar biasa, terimakasih infonya mas. Kalo sempat berkunjung ke blog butut saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas juniarsa, langsung luncur ke TKP.

      Hapus
  10. Prosesnya panjang juga ya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sobat Dharma Sehat, dari awal sampai lahir mencapai 9 bulan.Terima kasih atas kunjungannya.Sukses untuk anda.

      Hapus
  11. follow jg sukses Om, btw postingnya bagus bwt nambah pengetahuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Folback juga suskes Amalia, semoga bermanfaat.

      Hapus
  12. Kalo ada yang cocok buat jodoh saya tolong kasih kabar ya bang DOEL..hahahhayyyy..ditunggu episode selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal pilih aja Bang Icah, di follower abang kan banyak ada ribuan.Hahahaaayyyy

      Hapus
  13. Subhanallah... artikel yang sangat bagus sekali...
    saya baca sampai selesai dan membuat saya meneteskan air mata...

    terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang setelah mengetahui proses penciptaan kita akan membuat kita sadar betapa rumit dan penuh perjuangan.Khusus untuk kaum ibu,ternyata selama mengandung telah terjadi proses yang mengagumkan di dalam perutnya.Terima kasih telah berkunjung.

      Hapus
  14. SubhanAllah, sungguh luar biasa penciptaan manusia ini

    beri komentar terbaik anda di sini

    http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bang Ahmad, langsung menuju TKP.

      Hapus
  15. Memang luar biasa dan itu merupakan salah satu kekuasaan sang pencipta yang hanya dialah yg memiliki kekuasaan yg sangat dahsyat, info yang sangat bermanfaat sobat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sangat menakjubkan sobatku Penyuluh Perikanan,Walau bentuknya sangat kecil tapi sangat canggih.Membuktikan Sang Pencipta sebagai Maha Pencipta.

      Hapus
    2. Memang banyak sekali keajaiban Tuhan yg diberikan kepada Manusia sbg makhluk terbaik, dan manusia hanya sedikit mengetahui, bahkan masih banyak lagi keajaiban Tuhan yg ada pada diri Manusia.
      Dialah Allah yg patut kita sembah...

      Hapus
  16. subhanallah.. saya juga pernah nonton proses terbentuknya janin , ajaib banget

    makasih sudaha share . ijin serap ilmunya :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau share videonya tapi takut memperlambat loading blog dan melanggar hak cipta.Akhirnya cukup dalam bentuk artikel.Terima kasih kunjungannya Miz Tia.

      Hapus
  17. Salam kenal kawan,
    Selamat Tahun Baru 2013.
    Sukses selalu blog nya..

    kunjungan balik dari http://evaanindhita.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali kawan,Selamat berkreasi, sukses untuk anda

      Hapus
  18. Balasan
    1. Silahkan Mas,Terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  19. Sederetan kalam Allah yg menerangkan proses penciptaan manusia sdh cukup untuk Haqqul yakin atas kebesaran Allah, ayat ini tidak pernah saya jumpai dalam kitab suci lain, bahkan dalam suatu forum diskusi lintas agama jg sempat saya singgung mslh ini. Subhanallah...mungkin itu yg pantas saya ucapkan ketika membaca kandungan artikel ini. mksh mas abdul udah berbagi ilmu wabil khusus kpd saya pribadi yg msh haus ttg Islam. di tunggu posting berikutnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Mba Indah atas kunjungannya.Sukses untuk anda kawanku.

      Hapus
  20. artikel disini menarik untuk dibaca,banyak pengetahuan baru.
    Makasih Mas atas 'hidangan' nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali 99,semoga bermanfaat.

      Hapus
  21. infonya keren sob hehe, nice posting ,sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sobat Rizal Uye atas kunjungannya.Sukses juga untuk anda

      Hapus
  22. subhanallah.. maha suci Allah yang mencipta Manusia..

    BalasHapus
  23. Wow mantap ni bos.. Makasi

    BalasHapus
  24. Sungguh luar biasa, Sebelum ilmu kedokteran ada Al-Quran sdh menjelaskan lebih dulu dgn detail proses penciptaan manusia...

    BalasHapus