Google
Artikel: Jenis Komentar Spam | Cara Memperbaiki Broken link

Ad 468 X 60

Selasa, 01 Januari 2013

Widgets

Proses Pembentukan Bayi

Bagaimana Proses Pembentukan Bayi

proses pembentukan bayi dalam rahim
Mahluk bersel satu dengan jumlah tak terhitung mendiami bumi kita, semua mahluk bersel satu berkembang biak dengan membelah diri dan membentuk salinan yang sama persis. Embrio (janin dalam kandungan) yang berkembang dalam rahim ibu juga memulai hidupnya sebagai mahluk bersel satu dan sel ini memperbanyak diri dengan membuat salinan dirinya sendiri.
Disini tanpa perencanaan khusus, sel-sel bayi yang akan lahir akan sama semua.Dan akhirnya yang akan muncul bukanlah manusia, tapi gumpalan daging tak berbentuk, namun ini tidaklah terjadi karena sel-sel ini bukanlah tanpa pengawasan.

Bagaimanan Proses Pembentukan Bayi dalam Rahim Ibu

Beberapa minggu setelah sel telur dan sperma bergabung sel-sel mulai tumbuh berbeda satu sama lain dan mengikuti perintah rahasia yang diberikan kepada mereka. Kini kita sedang menyaksikan gambar yang oleh para ilmuwan diakui sebagai keajaiban. Sel-sel yang tidak berakal ini mulai membentuk organ dalam, rangka dan otot. Sel-sel otak mulai terbentuk pada dua celah kecil ini.
proses pembentukan bayi

Pembentukan Otak bayi

OTAK :
Anda sedang melihat gambar yang diambil dengan mikroskop elektron, ini adalah tahap awal perkembangan otak. Di sini sel otak akan memperbanyak diri dengan cepat, sehingga bayi akan memiliki sekitar 10 milyar sel otak. Setiap menit 100 ribu sel baru ditambahkan pada kumpulan ini.Setiap sel baru berperilaku seolah ia mengetahui jenisnya dan dengan sel mana saja ia harus bersambungan.Tiap sel menempatkan tempatnya masing-masing dengan jumlah kemungkinan tak terbatas. Ia mampu bersambungan dengan sel yang tepat.

Terdapat 100 trilyun sambungan dalam otak manusia, agar sel-sel otak membuat trilyunan sambungan dengan tepat mereka harus memiliki kecerdasan yang jauh mengungguli manusia. Tapi sel tidak memiliki kecerdasan sama sekali dan tidak hanya sel otak, setiap sel yang membelah dan memperbanyak diri dalam embrio pergi dari tempat pembentukannya yang pertama menuju ke titik yang ia harus tempati. Dan setiap sel menemukan tempat yang harus ia tempati untuknya disini dengan sel manapun mereka harus bersambungan, mereka akan melakukannya.
Lalu siapakah yang menjadikan sel-sel yang tak mampu berfikir mengikuti rencana cerdas ini?

Prof Cevat Babuna memberikan jawaban sebagaimana berikut :[1]
proses pembentukan bayi

Bagaimana semua sel yang sama persis ini menuju ketempat yang berlainan seolah mereka mendadak menerima perintah dari suatu tempat dan berusaha membentuk alat-alat tubuh yang berbeda.Ini bukti jelas bahwa sel yang sama ini yang tidak tahu apa yang akan mereka kerjakan yang memiliki genetika dan DNA yang sama tiba-tiba menerima perintah dari suatu tempat.
Sebagian mereka membentuk otak sebagian membentuk jantung dan sebagian lagi membentuk alat tubuh lainnya.

Pembentukan Jantung 

JANTUNG
Pembentukan bayi dalam rahim ibu berlangsung tanpa henti.Sejumlah sel yang sedang berubah itu mendadak mengembang dan mengempis.Setelah itu ratusan ribu sel ini saling bergabung dan  membentuk jantung.Jantung ini akan terus berdenyut sepanjang hidup.
Sesaat lagi akan kita saksikan sebuah keajaiban nyata.Sel-sel yang terpisah satu sama lain ini adalah sel pembuluh darah, sel-sel ini mendadak saling bergabung dan membentuk sambungan diantara mereka maka pembuluh darahpun terbentuk.

Bagaimana sel-sel tahu bahwa mereka harus membentuk pembuluh darah ? dan bagaimana mereka melakukannya ? ini termasuk pertanyaan yang belum terpecahkan oleh ilmu pengetahuan
proses pembentukan bayi

Sel-sel pembuluh darah akhirnya membentuk perangkat pipa yang sempurna tanpa retakan atau kebocoran.Permukaan dalam pembuluh darah ini mulus bagaikan dibuat oleh seorang ahli.Pembuluh darah sempurna ini akan segera mengalirkan darah keseluruh tubuh bayi.Jaringan pembuluh darah memiliki panjang lebih dari 40.000 Kilometer dan ini hampir menyamai keliling dunia.

Proses pembentukan Tangan ,Kaki dan Jari-jari

 
TANGAN :
Perkembangan dalam perut ibu berlangsung tanpa henti.Pada minggu ke-5 tangan dan kaki pada embrio mulai tampak.Benjolan ini nantinya akan menjadi lengan.Setelah itu sejumlah sel akan membentuk tangan namun sebentar lagi sel-sel ini akan mengejutkan anda. Mereka melakukan bunuh diri masal.
Mengapa ribuan sel ini membunuh diri sendiri ? Kematian ini bertujuan sangat penting, bangkai sel-sel yang mati disepanjang garis tertentu ini diperlukan untuk membentuk jari-jari.Sel-sel yang hidup memakan sel-sel yang mati dan celah kosongpun terbentuk didaerah ini.Ruangan kosong ini adalah celah diantara jari-jari kita.
Tapi mengapa ribuan sel mengorbankan dirinya ? bagaimana sel rela mengorbankan dirinya agar bayi mempunyai jari pada saatnya nanti ? Bagaimana sel tahu bahwa kematiannya memiliki tujuan tertentu ?
Semuanya ini membuktikan  lagi bahwa sel pembentuk tubuh manusia menerima perintah dari Allah.
proses pembentukan bayi

KAKI :

Pada tahap ini sejumlah sel tengah membentuk kaki.Sel-sel ini tidak tahu bahwa embrio akan berjalan di dunia luar tapi tetap saja mereka membuat kaki dan telapaknya untuk embrio.

Proses pembentukan Mata

MATA :

Anda sedang menyaksikan wajah manusia berumur 4 minggu. Pada tahap ini 2 lubang terbentuk, masing-masing disatu sisi kepala embrio.Mungkin sulit dipercaya, tapi mata akan dibuat pada kedua lubang ini.Mata mulai terbentuk pada minggu ke-6.
Berbulan-bulan sel-sel ini bekerja dalam suatu rancangan menakjubkan dan satu demi satu membentuk bagian berbeda-beda pada mata.Sebagian sel membentuk kornea sebagian pupil dan sebagian lagi membentuk lensa.
Setiap sel berhenti setelah membuat bagian yang harus dia bentuk dan mata yang mengandung 40 bagian berbeda terbentuk tanpa cacat.Dengan cara ini mata yang diakui sebagai kamera yang paling sempurna di dunia tercipta dari ketiadaan dalam perut ibu.Manusia yang akan lahir ini akan membuka mata kedunia yang penuh warna dan mata yang sesuai telah dibuat.
proses pembentukan bayi

proses pembentukan bayi

Proses pembentukan telinga

TELINGA :
Suara yang akan didengar oleh bayi yang belum lahir juga telah diperhitungkan, telinga yang akan mendengar musik juga dibentuk dalam perut ibu, sel-sel membentuk alat penerima terbaik di dunia. Semua ini mengingatkan kita bahwa penglihatan dan pendengaran adalah nikmat terbesar dari Allah kepada kita.
Sebagaimana Allah menyatakan dalam Alquran : Surat An Nahl 16 : 78
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. 

KEAJAIBAN ALQURAN :

Pembentukan Otot dan Rangka

Otot dan Rangka
Penjelasan yang telah disampaikan sejauh ini tentang perkembangan embrio dalam rahim ibu diperoleh melalui penelitian ilmiah selama 30-40 tahun.Penjelasan baru ini telah membantu memahami keajaiban lain dalam Alquran.
Hingga baru-baru ini rangka dan otot diyakini terbentuk secara bersamaan.Namun penelitian terakhir telah mengungkap kebenaran yang tak diketahui sebelumnya yaitu :

1. Jaringan tulang terbentuk dalam embrio
2. Jaringan otot yang membungkusnya terbentuk kemudian,

Hal yang sama telah dinyatakan dalam Alquran 1400 tahun yang lalu :
Surat Al Mu'minun 23:14 
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.
Penelitian mengungkapkan bahwa bayi mengalami 3 tahapan dalam rahim ibu, fakta ini diungkapkan dalam pelajaran Basic Human Embryology sebagai berikut :

  • Pre Embrionik (2,5 minggu pertama)
  • Embrionik (hingga akhir minggu ke -8)
  • Janin (dari minggu ke-8 hingga kelahiran)
Pengetahuan yang dihasilkan dari penelitian panjang bertahun-tahun dengan tehnologi tercanggih abad ini , tercantum dalam Alquran 14 abad yang lalu.
Tiga tahapan dalam rahim ibu diterangkan dalam Alquran Surat Az Zumar 39: ayat 6
sebagai berikut:
Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. 
Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai Kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia, maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?

PLASENTA


Plasenta yang mengelilingi embrio dalam rahim ibu dan mencukupi segala keperluan bayi.Plasenta layaknya alat pencuci darah ginjal, mesin jantung, paru-paru dan hati buatan.Ia melakukan semua tugas ini secara bersamaan.Ini adalah desain ajaib yang memungkinkan bayi dan ibu tetap hidup.Sel-sel plasenta mengenali molekul sari makanan diantara ribuan molekul dalam darah ibu dan melewatkannya agar dapat mencapai bayi.
Plasenta juga berfungsi melindungi embrio.Sel-sel kekebalan dalam tubuh ibu pergi menuju rahim dan menyerang embrio yang sedang tumbuh, tapi sel-sel pada lapisan terluar plasenta membentuk semacam saringan antara pembuluh darah ibu dan embrio.Sel-sel ini meloloskan molekul sari makanan tapi bukan sel-sel kekebalan.

proses pembentukan bayi

Jika pekerjaan memikirkan dan memberikan kecukupan embrio diberikan kepada manusia dan bukan plasenta maka embrio akan mati dalam beberapa menit.Sebab tak satupun teknologi manusia yang mampu menghitung dan mencukupi kebutuhan embrio yang senantisa berubah.Satu-satunya mesin yang mampu mengerjakan tugas ini adalah plasenta.
Tali ini memungkinkan hubungan antara bayi dan ibunya.Tali yang dipotong dan dibuang setelah kelahiran ini adalah keajaiban desain dan melakukan tugas pentingnya selama 9 bulan.
Didalamnya terdapat satu pembuluh venna dan dua pembuluh arteri.Pembuluh venna membawa makanan dan oksigen ke arah embrio karenanya embrio tidak mati tenggelam meskipun hidup dalam ruang berisi cairan dan paru-parunya dipenuhi air.Ia tidak mati sekalipun sistem pencernaannya belum terbentuk dan tidak dapat makan.
Dua keperluan pokok ini tersedia bagi embrio melalui perutnya.Pembuluh arteri mengeluarkan karbondioksida dan sampah makanan dari tubuh bayi.Ibu dan embrio yang tumbuh dalam perutnya sama-sama tidak memahami semua hal ini.

KELAHIRAN :

Seiring pergantian bulan, bayi dalam perut ibu tumbuh dalam bentuk tertentu, ia telah siap memulai kehidupan di dunia luar. Saatnya telah tiba untuk tahap terakhir yaitu kelahiran, tapi bahaya besar sedang menghadang bayi yang akan keluar dari perut ibunya.Bayi akan lahir melalui rahim dan diantara tulang panggul ibu.Ini sangat berbahaya bagi bayi, sebab selama kelahiran kepala bayi dipaksa melalui lubang sempit ini dan tengkoraknya akan mengalami tekanan.
Tapi pengamanan khusus telah disiapkan guna melindungi kesehatan bayi, tulang tengkorak bayi yang sedang lahir bersifat lunak, selain itu berbeda dengan orang dewasa. Tulang-tulang penyusun tengkorak bayi tidak saling menyatu sehingga dapat meregang sedikit saat kelahiran berlangsung.Celah antara tulang-tulang mencegah tengkorak agar tidak remuk selama proses ini.
Dengan cara ini bayi lahir dengan selamat dan tengkorak serta otaknya tidak mengalami kerusakan.Dalam bulan-bulan selanjutnya tengkorak ini akan mengeras dan bayi akan menjalani hidupnya secara sehat.

proses pembentukan bayi

PENCIPTAAN KEDUA :


Peristiwa yang diuraikan dalam tulisan ini dialami setiap orang di dunia.Setiap orang berawal di rahim sebagai sel sperma yang bersatu dengan telur dan memulai kehidupan sebagai sel tunggal.Semua ini berkat desain khusus yang diciptakan di tempat ini.Bahkan sebelum manusia mulai menyadari keberadaan dirinya, Allah telah memberi bentuk tubuh mereka dan menciptakan wujud manusia dari sel tunggal.
Setiap orang didunia hendaknya merenungkan kenyataan ini.Dan kewajiban anda adalah memikirkan bagaimana anda terlahir ke dunia dan kemudian bersyukur kepada Allah.
Jangan lupa Allah Pencipta tubuh kita akan menciptakan kita kembali setelah kematian dan akan mempertanyakan segala nikmat pemberian-Nya.Ini sungguh mudah bagi Allah.Mereka yang melupakan penciptaan diri mereka dan mengingkari kehidupan akhirat, sungguh telah tertipu.
Firman Allah dalam Alquran : Surat Yaasiin, 36 :77-79
77. Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata! 
78. Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami, dan dia lupa kepada kejadiannya, ia berkata: "Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?";
79. Katakanlah: "Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk. 
Demikianlah penjelasan tahap demi tahap tentang proses penciptaan manusia yang telah di terangkan dalam Alquran dan dapat dibuktikan melalui proses penelitian oleh ilmu pengetahuan modern.Mudah-mudahan artikel ini dapat meningkatkan keimanan kita sebagai manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Diharapkan dengan bertambahnya pengetahuan kita akan proses penciptaan ini, dimana mulai dari setetes air mani sampai akhirnya menjadi diri kita yang sekarang kita dapat lebih mengenal betapa Maha Agung-Nya Tuhan yang telah menciptakan manusia.

Selanjutnya adalah Apakah kita sudah bersyukur telah diciptakan dan dihadirkan ke dunia ini ? Sudahkan kita sadari bahwa kita adalah salah satu dari sekian juta sperma yang berhasil selamat mencapai telur ibu , janin dalam kandungan dan menjadi manusia dengan persaingan yang ketat dan mengalahkan saudara-saudara kita sesama sperma ? Itu juga tidak terlepas dari Kemurahan hati Tuhan yang telah menunjuk kita sebagai pemenang dan akhirnya hadir di dunia ini ? Coba renungkan kalau kita termasuk sperma yang mati karena kalah bersaing ? yang pasti diantaranya adalah kita tidak dapat ngeblog seperti sekarang kan sobat ?
Juga buat orang yang suka iseng-iseng mulai saat ini Sperma jangan dibuang sembarangan yah ? Kasihan sperma bukankan dia  mahluk hidup juga ?.

Semoga bermanfaat.


[1] Sumber : Video Keajaiban Penciptaan Manusia , Harun Yahya Series, PT Nada Cipta Raya, tahun 2003

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Digg
  • Technorati
Author: Abdul Basit
Saya Abdul Basit ingin berbagi pengetahuan yang bermanfaatRead More →

25 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima Kasih kunjungan dan komentarnya Mas Herman

      Hapus
  2. informasi yang bagus teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih arluva.Fotonya baru yah ? :D

      Hapus
    2. Terima kasih Arluva sudah menunjukkan jati dirinya..Harus tampil pede yah kawan :D

      Hapus
  3. Kebesaran ALLAH SWT memang tak terbatas,semoga saja kita bisa selalu berbhakti pada IBU dan BAPAK..amien..mantef nih artikelnya bang Doel...hahahahahyyyyyyyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. DIA memang Maha Segalanya Bang,Siapa yang meminta pasti akan diberikan,asalkan yang minta yakin bakal di beri.Ngomong-ngomong udah minta belom Bang,,hahahahaayyyy

      Hapus
    2. Subhanallah, semoga kita semakin mengenal siapa kita sebenarnya dan dijauhkan dari sifat sombong dan takabur... Serta semakin tawakkal kpd Allah AWT. Amien...

      Hapus
  4. terima kasih ...tulisan di atas bisa jadi renungan kita...
    sesungguhnya manusia di Mata Allah itu sama...hanya ketakwaan yang membedakan nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mas Budi os 19,,Terima kasih kunjungannya.

      Hapus
  5. semoga kita bisa mengambil pelajaran dari proses pembentukan manusia ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang OP,,ngomong-ngomong obatnya ada efek sampingan ga ? saya takut ga cocok nanti rusak busi cuma satu-satunya.hahhahaayy becanda yah bang.

      Hapus
  6. zippp....sungguh pelajaran yang sangat berharga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang mbak Daryanti,,terima kasih kunjungannya.

      Hapus
  7. masya-allah...kebesaran Tuhan, tiada terkata, KY pernah tengok bayi yg keguguran, jari2nya seperti gambar diatas, belum memesah satu2...terima kasih, rasa mcm tengah belajar kedoktoran pulak heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih KY sudah sempatkan berkunjung disaat banjir,Terus terang saya juga masih kagum atas proses penciptaan bayi..sungguh luar biasa.. :D

      Hapus
  8. didalam proses terjadinya kita sebenarnya banyak pelajaran yg mesti kita syukuri, kalau kita renungkan dari sekian banyak juta sperma yg jadi hanya satu artinya kita sudah bertaruh pada saat itu, mungkin yg kuat dan menang itulah yg lahir ke dunia, bukankah begitu sobat?...
    Banyak pelajaran yg bermanfaat yg mesti kita renungkan, terima kasih ilmunya sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kawan,kita adalah orang yang terpilih dari jutaan sperma yang ada.Sudah sepatutnya bersyukur bisa hadir di dunia ini.Terima kasih atas kunjugannya kawanku

      Hapus
    2. iya sepertinya gitu, kita memang harus banyak bersyukur
      terima kasih sobat

      Hapus
  9. bisa jadi renungan neh,, begitu ya proses nya,,hehe,mksh pak udah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas Rizal Uye,,agar kiat menyadari dari mana berasal dan kemana akan kembali.terima kasih kunjungannya.

      Hapus
  10. Asalammu'alaikum Bah AB, ^_^

    Subhanallah, postingan yang menambah wawasan...

    maaf baru sempet mampir nih Bah, kemarin pulang kampung, alhamdulillah keluarga dikampung sehat,kabar keluarga Abah gimana?
    ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam mba yayu,artikel ini sekedar mengingatkan bagaimana proses keberadaan kita di dunia ini.
      Alhamdulillah saya dan keluarga sehat.
      Semoga mba yayu dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari-NYA.

      Hapus